KONFLIK SOSIAL DAN UPAYA PENCEGAHAN

KONFLIK SOSIAL DAN UPAYA PENCEGAHAN

Bagikan


Posted

Image Description

Syandri Yardi S.E

Administrator


Informasi

Artikel
Jumat, 21 Juni 2024

KONFLIK SOSIAL DAN UPAYA PENCEGAHAN

KONFLIK SOSIAL DAN UPAYA PENCEGAHAN
Oleh : Rudi Burnama

Indonesia dengan kondisi geografis yang berbentuk pulau-pulau, menjadikan masyarakat yang ada di Indonesia beragam baik suku, budaya,dan bahasa menurut Intan Rahmawati, S.Psi., M.Si, & Ari Rahmawati (2022:1), Indonesia merupakan negara kepulauan memiliki bentang alam serta budaya yang bermacam-macam. Dengan keanekaragaman bentang alam dan budaya ini dapat menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang rentan terhadap terjadinya bencana.

Menurut Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, “Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis”. Bencana merupakan pertemuan dari tiga unsur, yaitu ancaman bencana, kerentanan, dan kemampuan yang dipicu oleh suatu kejadian.

Di dalam Undang-Undang 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana telah menjabarakan bahwa ada tiga kategori bencana alam, yaitu

<!--[if !supportLists]-->1.    <!--[endif]-->Bencana alam antara lain berupa gempa bumi karena alam, letusan gunung berapi, angin topan, tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan/ lahan karena faktor alam, hama penyakit tanaman, epidemi, wabah, kejadian luar biasa, dan kejadian antariksa/benda-benda angkasa.

<!--[if !supportLists]-->2.    <!--[endif]-->Bencana nonalam antara lain kebakaran hutan/lahan yang disebabkan oleh manusia, kecelakan transportasi, kegagalan konstruksi/teknologi, dampak industri, ledakan nuklir, pencemaran lingkungan dan kegiatan keantariksaan.

<!--[if !supportLists]-->3.    <!--[endif]-->Bencana sosial antara lain berupa kerusuhan sosial dan konflik sosial dalam masyarakat yang sering terjadi.

Beradasarkan dari penjelasan diatas bahwa, tidak dapat di hindari kejadian konflik sosial dapat terjadi di Indonesia dengan melihat keanekaragaman budaya, biasanya konlik sosial tercetus dikarenakan adanya kecemburuan sosial,perbedaan pendapat, salah paham dan perasaan sensitif (Anoraga, dalam Saputro 2003).

Selain itu dampak konflik sosial dapat merugikan baik nyawa ataupun materi, selain itu dapat ,memicu perpecahan antar masyarakat

Upaya dalam pencegahan agar tidak terjadinya konflik sosial yakni, memiliki toleransi dengan memelihara kondisi damai di dalam masyarakat dapat dimulai dari lingkungan tetangga, menumbuhkan sikap tenggang rasa sejak dini, dengan mengikuti kegiatan pelestrarian budaya dapat menumbuh rasa persatuan dan kesatuan.